Nagari Sungai Batang yang luasnya +   2304 dengan jumlah Penduduk sekarang berjumlah 5668 jiwa, yang dahulunya berasal dari daerah IV koto Kabupaten Agam yaitu Sianok, Koto gadang, guguak, Tabek Sarojo, Koto Tuo, Balingka, Malalak dan Sungai landie, ada juga dari Kurai dan Banuhampu.

http://sungai-batang.blogspot.com/2014/08/mengirim-penjelajah-untuk-survay.htmlDalam perjalanan waktu terjadi gelombang perpindahan penduduk dari timur kebarat,yang disebabkan oleh pertambahan jumlah manusia yang tak seimbang dengan  luas areal pertanian yang semakin sempit, sehingga kemudian perpindahan ini sampai ke Matur dan Lawang setelah Pauah dan Parik panjangpun melimpah.dari hari kehari pun masyarakat berkembang hingga memenuhi sampai ke Padang Gelalnggang, dan tahunpun berganti manusia bertambah banyak, untuk pengembangan dan perluasan daerah di Padang Gelanggangpun tak memungkinkan lagi, dikarenakan Padang Gelanggang yang sempit dan berbukit serta mempunyai jurang yang sangat dalam (Sekarang menjadi kelok 44), maka timbullah ide bagi para Niniak Mamak untuk turun keranah Barat menuju hutan subur memagar Danau, lalu dibentuklah expedisi petualang untuk “Meninjau-ninjau” kesana, Setelah segala persiapan keberangkatan selesai, maka dilepaslah dua rombongan penjelajah, Satu kelompok keutara dengan menuruni jurang lewat Puncak Lawang, untuk selanjutnya mengambil jalur kehiliran Danau, Satu lagi mengarah keselatan dengan menempuh ngarai lewat Pintu Aua, terus melereng Bukik silayu sampai kekampung Panji sekarang. Itulah dua pintu gerbang menuju wilayah operasional (Lawang yang juga berarti pintu).

Setelah beberapa lama melakukan penjelajahan, kedua kelompok ini kebali kedaerah Matur untuk melaporkan hasil penelitiannya kepada Niniak Mamak. Maka para Niniak Mamak sebagai perancang expedisi menetapkan untuk membuka hutan (manaruko),membangun sawah ladang serta pemukiman di daerah temuan baru itu. Setelah beberapa musim berlalu akhirnya daerah baru itu berhasil digarap menjadi sawah, lading dan permukiman penduduk. Yang keutara mendirikan pemukiman didaerah yang sekarang bernama Nagari Paninjauan, dan yang keselatan membangun wilayah pemukiman menjadi Nagari Sungai Batang.
Terima kasih atas kunjungan nya, Untuk Melihat Artikel lainnya,
Silahkan Lihat Daftar Isi

Pin Sungai Batang

thumbnail Mengirim Penjelajah Untuk Survay.
Author by : Edi Murfin. Rabu, 12 Agustus 2015
Description : Mengirim Penjelajah Untuk Survay Nagari Sungai Batang yang luasnya +    2304 dengan jumlah Penduduk sekarang berjumlah 5668 jiwa, yang d...

Mari Bantu Membagikan Mengirim Penjelajah Untuk Survay ini. Melalui Sosial Media Dibawah, Insya Allah akan membawa Baraqah bagi kita semua. Aamiin YRA

Bagikan Mengirim Penjelajah Untuk Survay

Posting Komentar

 
 
 
Top