Pembangunan Balerong Adat Nagari Sungai Batang-  Setelah lebih kurang 56 tahun umur Balerong Adat Nagari Sungai Batang semenjak dipindahkan dari lapangan pasar Sungai Batang karena terbakar, yang waktu itu di perkirakan tahun 1960 dan Walinagarinya adalah Engku Dt.Rajo Endah, maka pada tahun 2016 inilah perbaikan Balerong Adat tersebut. bisa dilaksanakan.

Balerong adalah merupakan balai adat, tempat berkumpulnya Engku Niniak Mamak, imam khatib, datuak Panungkek dan mamak pusako dalam membicarakan dan memusyawarahkan perihal masalah adat di salingka nagari sungai batang. Selain itu juga tempat melakukan sidang terhadap masyarakat adat yang melakukan kesalahan atau pelanggaran terhadap adat itu sendiri.

http://sungai-batang.blogspot.com/2016/10/pembangunan-balerong-adat-nagari-sungai.html
Dalam perencanaannya selain perbaikan balerong Adat juga akan di perbaiki atau akan dibuat taman di depan balerong dan perbaikan Medan Nan Bapaneh sebagai gelagang kesenian di Nagari Sungai Batang. 

Pembangunan Balerong Adat Nagari Sungai Batang pada saat ini telah mencapai 75% dan pekerjaan masih dilaksanakan, sedangkan Rencana Anggaran Biayanya di perkirakan mencapai angka Rp.600.000.000,- ( Enam Ratus Juta Rupiah). Sebagai sumber dana adalah bantuan dari masyarakat nagari Sungai Batang yang berada di perantauan di bawah naungan organisasi masyarakat seperti, HIKASBA JAYA, ARLAS, KBJN, IKTS,ANSB, dan masih banyak lagi organisasi masyarakat yang belum disebutkan disini.

Untuk sementara dana yang telah terpakai baru mencapai Rp.100.000.000,- dan dana yang terkumpul baru lebih kurang sekitar Rp.325.000.000,- dan masih banyak kekurangan dana untuk pembangunan Balerong, Taman dan Medan nan Bapaneh. Untuk itu panitia pembangunan Balerong sangat berharap bantuan dan uluuran tangan khususnya masyarakat Nagari Sungai Batang baik yang berada di kampunng maupun di perantauan. dan pada umumnya masyarakat Minang Kabau.
Terima kasih atas kunjungan nya, Untuk Melihat Artikel lainnya,
Silahkan Lihat Daftar Isi

Pin Sungai Batang

thumbnail Pembangunan Balerong Adat Nagari Sungai Batang.
Author by : Edi Murfin. Selasa, 25 Oktober 2016
Description : Pembangunan Balerong Adat Nagari Sungai Batang-  Setelah lebih kurang 56 tahun umur Balerong Adat Nagari Sungai Batang semenjak dipindahkan...

Mari Bantu Membagikan Pembangunan Balerong Adat Nagari Sungai Batang ini. Melalui Sosial Media Dibawah, Insya Allah akan membawa Baraqah bagi kita semua. Aamiin YRA

Bagikan Pembangunan Balerong Adat Nagari Sungai Batang

Posting Komentar

 
 
 
Top